Rawat Lantai Kayu dengan Cara Ini!

Lantai kayu sejak dahulu, bahkan sampai pada saat ini masih sering digunakan dan menjadi salah satu bahan favorit untuk lantai rumah. Berbagai ruangan di rumah yang dimulai dari kamar tidur, ruang keluarga, dapur, bahkan kamar mandi banyak menggunakan lantai dari kayu. Motifnya yang selalu memberikan kesan yang natural karena guratan-guratan unik yang berasal dari kayu inilah yang menyebabkan kebanyakan orang menggunakan lantai kayu. Namun karena harga kayu yang cukup mahal, maka Anda perlu mengetahui cara merawat lantai kayu dengan baik dan benar, karena jika salah maka Anda malah bisa merusaknya. Kerusakan yang biasa timbul adalah goresan-goresan. Bahkan kayu tersebut bentuknya bisa berubah menjadi melengkung karena terkena air terlalu lama sehingga meresap dan mengubah bentuk asli kayu tersebut.

Sapu

Sapulah lantai rumah Anda secara teratur, minimal sekali sehari dan maksimal dua hari sekali. Hal ini tentunya untuk menghilangkan debu-debu dan kotoran yang menempel di lantai tersebut. Gunakan sapu dengan ujung-ujung yang lembut dan tidak kasar agar tidak meninggalkan bekas goresan di lantai kayu. Meskipun lantai kayu tersebut terbilang anti gores, namun Anda juga perlu berhati-hati. Anda juga bisa menggunakan alat penyedot debu sebagai pengganti sapu untuk hasil yang lebih bersih maksimal. Sapulah sesuai dengan arah kayu untuk menyapu setiap kotoran yang terselip di antara alur-alur kayu tersebut.

Pel

Lain halnya dengan menyapu lantai, untuk mengepel, Anda tidak perlu melakukannya sesering Anda menyapu lantai. Gunakan air hangat untuk mengepel, karena air hangat dapat membersihkan lantai kayu dengan baik. Gunakan kain pel yang halus dan lembut. Setelah itu, segera lap lantai Anda jika sudah dibiarkan selama beberapa lama tapi lantai tidak juga mengering.

Anti Rayap

Pastikan bahwa lantai kayu Anda sudah disuntik oleh cairan anti rayap sebelum dipasang sebagai lantai rumah Anda. Kalau tidak, hewan yang memakan senyawa selulosa yang terdapat di kayu tersebut dapat merusak lantai kayu Anda itu, bahkan lebih parahnya lagi bisa merusak berbagai perabotan Anda yang terbuat dari bahan kayu juga.

Segera Lap

Perlu Anda ketahui bahwa kayu memiliki daya serap yang cukup tinggi. Sehingga, ketika ada air yang tumpah ke lantai kayu Anda, segera bersihkan air yang tumpah tersebut. Gunakan kain atau spons dengan bahan yang lembut dan mampu menyerap air. Meskipun air biasa, tapi jangan biarkan air itu terserap oleh kayu. Bila hal itu terjadi, maka kayu akan menggelembung atau melengkung.

Bersihkan Noda

Untuk membantu membersihkan noda-noda yang tertinggal di lantai kayu, Anda bisa menggunakan cuka putih. Semprotkan campurkan cuka putih dan air biasa dengan perbandingan kurang lebih 1: 15 ke lantai yang kotor. Karena kalau tidak dicampur, kandungannya terlalu keras dan malah bisa merusak lantai. Setelah itu, segera bersihkan lagi lantai dengan menggunakan kain basah.

Agar Berkilau

Jika Anda menggunakan lantai parket yang terbuat dari bahan kayu solid, untuk membuatnya lebih berkilau Anda perlu melakukan beberapa hal tambahan. Setiap sebulan sekali melakukan waxing atau penyemiran ulang dengan bahan yang khusus dan setiap dua sampai tiga tahun sekali melakukan coating ulang agar hasilnya jauh lebih maksimal.

Selain itu, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri, yaitu dengan menggunakan perasan air lemon dan cuka putih untuk membuatnya lebih berkilau. Hindari juga penggunaan alas kaki yang tajam dan dapat meninggalkan jejak di dalam rumah. Selain itu, kuku hewan peliharaan juga dapat membuat goresan-goresan di lantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *